Asuransi Kenderaan Bermotor

Saat ini mempunyai asuransi tidak sesulit dahulu. Karena, selain perusahaan yang sudah banyak, produk asuransi yang beragam, dan juga harga asuransi yang ditawarkan sangat terjangkau dengan premi minimal Rp 80.000. Makanya masyarakat yang berpenghasilan sangat kecil sekalipun sudah bisa terlindungi, dan bisa berobat ke rumah sakit kapanpun. Bukan hanya asuransi jiwa saja yang sangat penting, melainkan bagi orang yang mempunyai kederaan harus memikirkan untuk mengasuransikan motor, atau mobilnya. Melihat di Indonesia sekarang jumlah kenderaan bermotor terus meningkat, Perusahaan asuransi pun mengeluarkan produk asuransi khusus bermotor. Risiko akan selalu hadir di segala bidang kehidupan. Asuransi hadir untuk mengurangi dampak finansial dari risiko yang dapat terjadi tiap saat. Secara umum, asuransi memiliki manfaat utama yaitu menempatkan posisi keuangan tertanggung (pelanggan) agar dapat kembali kepada saat sebelum terjadi kerugian. Selain itu, manfaat dan keuntungan asuransi juga bisa mengurangi ketidakpastian risiko, mengurangi beban keuangan akibat timbulnya kerugian yang diperoleh secara tiba-tiba, memberikan ketenangan dalam bekerja, dan banyak manfaat-manfaat lain. 

Asuransi Kenderaan (Mobil dan Motor) ditujukan untuk melindungi dari berbagai macam ancaman bahaya yang tidak teduga misalnya tabrakan, pencurian beberapa bagian mobol atau bajkan mobil itu sendiri yang dicuri. Sehingga dengan kenderaan di asuransikan, sebagai pemilik kenderaan anda dapat mengendarainya dengan rasa tenang dan aman kemanapun pergi.

Asuransi Kendaraan adalah jenis asuransi khusus kendaraan, di mana resiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan dialihkan kepada perusahaan asuransi. Dalam pemilihan asuransi kendaraan hal-hal yang perhatikan adalah kekuatan keuangan (security), jasa (service) dan biaya atau beban. Asuransi Kendaraan adalah jenis asuransi khusus kendaraan, di mana resiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan dialihkan kepada perusahaan asuransi. Dalam pemilihan asuransi kendaraan hal-hal yang perhatikan adalah kekuatan keuangan (security), jasa (service) dan biaya atau beban. 


Asuransi Kenderaan Bermotor


Kenapa Kita Butuh Asuransi Kendaraan ?
Banyak orang yang memiliki mobil dan motor menganggap bahwa asuransi mobil atau asuransi kendaraan tidak terlalu penting untuk dimiliki, karena memiliki anggapan bahwa risiko kecelakaan bisa dihindari dengan cara mengemudikan mobil secara hati-hati dan selalu fokus. Terlebih lagi biaya asuransi kendaraan mengharuskan kita membayar sejumlah uang rate atau tarif premi asuransi yang tidak murah. Padahal bahwa sesungguhnya risiko kecelakaan bisa terjadi setiap saat dan bisa menimpa siapa saja, karena terkadang ada saja orang yang tidak berhati-hati dalam mengemudi dan secara tidak sengaja merugikan orang lain. Sebagai cara yang bisa ditempuh dalam menghadapi risiko kecelakaan yang mungkin bisa terjadi adalah dengan cara melakukan antisipasi. Solusinya adalah membeli asuransi kendaraan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  
Membeli Polis Asuransi kendaraan terbaik. Untuk menanggung segala risiko yang mungkin akan terjadi merupakan langkah yang sangat baik untuk menghindari kerugian total akibat kecelakaan, kerugian pihak ketiga akibat kecelakaan, ataupun kehilangan mobil/motor dapat dialihkan kepada pihak penanggung. Asuransi mobil terbaik yang seperti apa yang seharusnya kita pilih? Berapa biaya premi pertahun yang harus Anda keluarkan, dan pertanggungan apa saja yang bisa Anda dapatkan? - by pasarpolis.com


Besarnya premi asuransi kendaraan bermotor dihitung berdasarkan persentase harga kendaraan baru dan harga kendaraan di pasaran jika bukan kendaraan baru. Semakin mahal harga kendaraan maka prosentasenya semakin kecil. Hasil persentase inilah yang dihitung untuk premi asuransi yang harus dibayarkan oleh pengguna jasa asuransi kepada pihak asuransi. Pada perjanjian asuransi ini, pihak pemilik kendaraan/pembayar premi akan memiliki polis asuransi sebagai sertifikat sah peserta asuransi dengan memiliki nomor polis dan berisi tentang jenis asuransi yang dipilih. Polis ini berguna ketika akan melakukan klaim asuransi.

Kendaraan bermotor menurut Undang – Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan No. 14/192, pasal 1 ayat 7 adalah kendaraan yang digerakkan oleh peralatan teknik yang berada pada kendaraan itu. Wording polis asuransi kendaraan bermotor yang digunakan di Indonesia merupakan ketentuan jaminan standar yang disusun oleh Dewan Asuransi Indonesia dan digunakan oleh semua perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia.

Catatan perkembangan asuransi di kerajaan Inggris dapat dijadikan pioner perkembangan selanjutnya. Pada tahun 1930, kerajaan  Inggris mengeluarkan Undang – Undang yang disebut Road Traffic Act yang mengharuskan pengemudi kendaraan untuk membayar ganti rugi kepada pihak  lain yang dirugikan. Sejak saat itu, asuransi menjadi  pilihan paling efisien untuk mengatasi potensi risiko yang mungkin terjadi. Pada Road Traffic Act yang telah direvisi, asuransi tanggung gugat merupakan syarat harus dimiliki untuk dapat mengemudi di dataran Inggris .

Beberapa Perusahaan Asuransi yang menyediakan asuransi kenderaan beromotor adalah Asuransi Mobil Raksa, Asuransi Mobil ACA, Asuransi Mobil Garda OTO, Asuransi Allianz Mobilku, Asuransi Mobil Simasnet, Asuransi Mobil AutoCilin


Jenis Asuransi Kendaraan
  • Asuransi Mobil
  • Asuransi Motor
Jenis Perlindungan
  • Komprehensif (Comprehensive)
Jaminan ganti rugi/biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. (mengacu pada PSAKBI). (Usia Maks. 8 tahun)

Kerugian atau kerusakan  yang dapat diganti oleh asuransi mulai dari kerugian akibat tergores, penyok, kehilangan bagian kendaraan hingga kerugian total. Setiap klaim akan dikenakan biaya risiko sendiri  yang merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh pemegang polis  setiap kali kejadian pada saat mengajukan klaim.

  • Total Loss Only (TLO)
Jaminan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan total pada kendaraan akibat dari kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. (mengacu pada PSAKBI) (Usia Maks. 15 tahun)

Karena penggantian baru bisa diperoleh setelah ada kerusakan yang besar atau kehilangan, tentunya pertanggungan jenis ini lebih murah dibandingkan jenis comprehensive. Biasanya, jumlah premi mencapai 50% bahkan lebih rendah dibandingkan dengan premi jenis comprehensive.

Baca Juga : ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR ACA
Umumnya, biaya asuransi tipe All Risk lebih mahal daripada TLO karena perbedaan perlindungan yang didapatkan. Jika Anda membeli asuransi tipe all risk dan mobil Anda dicuri atau rusak berat, maka Anda akan tetap mendapatkan kompensasi tapi jika Andamembeli asuransi tipe TLO dan mobil Anda mengalami goresan atau penyok, maka tidak ada kompensasi sama sekali. Oleh karena itu, kami lebih merekomendasikan asuransi tipe All Risk. Perlu diketahui, premi untuk asuransi mobil bekas umumnya lebih tinggi dibandingkan asuransi mobil baru. Besar kecilnya premi ditentukan oleh 3 faktor, yaitu jenis jaminan (All Risk /TLO), jenis kendaraan, dan harga kendaraan. Umumnya semakin mahal mobil Anda, semakin tinggi premi asuransinya. Namun Anda tak perlu khawatir sebab premi asuransi untuk mobil dan kendaraan bermotor lainnya hanya dibayarkan satu kali saja per tahun. by Cekpremi.com
Tidak Dijamin Asuransi
Anda perlu memperhatikan beberapa kondisi yang tidak dijamin oleh asuransi kendaraan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Kehilangan keuntungan/upah atau kerugian keuangan akibat tidak dapat dipergunakannya kendaraan tersebut
  • Kerusakan atau kehilangan peralatan non-standar yang tidak disebutkan dalam polis
  • Kerusakan atau kehilangan kendaraan bermotor akibat penggelapan
  • Kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor akibat perbuatan jahat tertanggung (sumi/istri, anak, karyawan atau seizin tertanggung)
  • Masuk/melewati jalan tertutup atau terlarang
  • Atas barang – barang yang diangkut
  • Radiasi nuklir, pencemaran radio aktif, reaksi inti atom
  • Perang, penyerbuan, aksi musuh asing, perang saudara, pemberontakan, pergolakan sipil/militer, pengacauan, terorisme, penggunaan kekerasan, revolusi, pengambilalihan kekuasaan
  • Kerusuhan pemogokan atau gangguan ketertiban umum
  • Keausan
  • Harta benda yang dimuat atau dibongkar
Kerugian atau kerusakan akibat:
  1. Menarik kendaraan lain, racing, pawai, untuk kejahatan atau maksud lain dari yang ditetapkan dalam polis
  2. Kelebihan muatan atau dijalankan secara paksa
  3. Dijalankan dalam keadaan rusak
  4. Pengemudi tidak memiliki SIM atau mabuk
  5. Memasuki jalan yang dilarang masuk/jalan tertutup
  6. Barang-barang yang sedang dimuat, dibongkar di kendaraan tersebut
  7. Reaksi atau radiasi nuklir

0 Response to "Asuransi Kenderaan Bermotor"

Post a Comment

Labels

Adira Insurance Agen Asuransi AIA FINANCIAL Asuransi Asuransi ABDA Asuransi ACA Asuransi ACE Asuransi Adira Asuransi AIA Asuransi AIG Asuransi Allianz asuransi Anak Asuransi Astra Asuransi AstraLife Asuransi Aswata Asuransi Avrist Asuransi AXA Asuransi AXA Mandiri Asuransi BCA LIFE Asuransi Bhakti Bhayangkara Asuransi Bintang Asuransi Bisnis Asuransi BNI Life Asuransi BPJS Ketenagakerjaan Asuransi BRI Life Asuransi BUMIDA Asuransi Bumiputera Asuransi Cakrawala Proteksi Asuransi CAR Asuransi Chubb Life Asuransi CIGNA Asuransi Commonwealth Life Asuransi Dana Pensiun Asuransi Danamon Asuransi Dwiguna Asuransi EKA LLOYD Asuransi Ekspor Asuransi Equity Life Asuransi FWD Asuransi IndoLife Asuransi INDOSURYA LIFE Asuransi InHealth Asuransi Investasi Asuransi Investasi Alliannz Asuransi Investasi BNILife Asuransi Investasi Manulife Asuransi Jagadiri Asuransi Jaminan Hari Tua Asuransi Jasindo Asuransi Jiwa Asuransi Jiwa AIA Asuransi Jiwa Allianz Asuransi Jiwa AstraLife Asuransi Jiwa Avrist Asuransi Jiwa AXA Mandiri Asuransi Jiwa BNI Life Asuransi Jiwa BRI Life Asuransi Jiwa Bumiputera Asuransi Jiwa Cigna Asuransi Jiwa FWD Asuransi Jiwa JAGADIRI Asuransi Jiwa Manulife Asuransi Jiwa Prudential Asuransi Jiwa Sequislife Asuransi Jiwa Tokio Marine Asuransi Jiwa Unit Link Asuransi Jiwa Zurich Asuransi Jiwasraya Asuransi JMA Syariah Asuransi Kebakaran Asuransi Kebakaran Bumida Asuransi Kecelakaan Diri Asuransi Kenderaan Asuransi Kerugian Asuransi Kesehatan Asuransi Kesehatan AIA Asuransi Kesehatan Allianz Asuransi Kesehatan Avrist Asuransi Kesehatan AXA Asuransi Kesehatan AXA Mandiri Asuransi Kesehatan BNI LIfe Asuransi Kesehatan BRI Life Asuransi Kesehatan Bumiputera Asuransi Kesehatan CIGNA Asuransi Kesehatan FWD Asuransi Kesehatan Jagadiri Asuransi Kesehatan Manulife Asuransi Kesehatan MNCLIFE Asuransi Kesehatan Prudential Asuransi Kesehatan Sequislife Asuransi kesehatan SinarMas Asuransi Kesehatan Sun Life Financial Asuransi Lippo Life Asuransi MAG Asuransi Manulife Asuransi Mitra/Kresna Asuransi MNC Life Asuransi Mobil Asuransi Mobil Abda Asuransi Mobil Autocilin Asuransi Mobil Garda Oto Asuransi Mobil Mag Asuransi Mobil SinarMas Asuransi Motor Asuransi Pan Pacific Asuransi Pendidikan Asuransi Pendidikan Anak Asuransi Pendidikan JiwaSraya Asuransi Pendidikan Manulife Asuransi Pendidikan Syariah BNILife Asuransi Pendidikan Syariah BRI Life Asuransi Penidikan Bumiputera Asuransi Perjalanan Asuransi Perjalanan Adira Asuransi Perjalanan AIG Asuransi Perjalanan Harian Asuransi Properti Asuransi Prudential Asuransi Raksa Asuransi Rumah/Properti Asuransi Sequislife Asuransi Sinarmas Asuransi SinarmasMSIGLife Asuransi Sun Life Financial Asuransi Syariah Asuransi Syariah AIA Asuransi Syariah AIG Asuransi Syariah Allianz Asuransi Syariah Astra Asuransi Syariah AXA Asuransi Syariah BNILife Asuransi Syariah BRI Life Asuransi Syariah Bumiputera Asuransi Syariah Jasaraharja Asuransi Syariah Jaya Proteksi Takaful Asuransi Syariah Keluarga Indonesia Asuransi Syariah Manulife Asuransi Syariah Prudential Asuransi Syariah SinarmasMSIG Life Asuransi Takaful Umum Asuransi Tokio Marine Asuransi Tri Pakarta Asuransi Uber Asuransi UKM Asuransi Umroh dan Haji Asuransi Victoria Insurance Asuransi Zurich Berita Asuransi BPJS Bringin Life CAR 3i Networks CIMB AIA Dana Investasi Dana Pensiun Financial Investasi Manulife Investasi Online Investasi Prudential Investasi Reksa Dana AXA Investasi SAHAM Jasa Pinjaman Jenis Asuransi Klaim Asuransi Konsultan Asuransi Koperasi Simpan Pinjam Malacca Trust Wuwungan Insurance Manfaat Asuransi OJK Otoritas Jasa Keuangan Pegadaian Pengertian Asuransi Premi Asuransi Produk Asuransi Risiko Asuransi Rumah Sakit Rekanan Tabungan Pendidikan Tips Asuransi Tips Keuangan Visa Schengen